Ahlinya Perbaikan AC: Memilih AC Sesuai dengan Kebuttuhan

Memilih AC Sesuai dengan Kebuttuhan

AC (air conditioner) sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang, terutama di Indonesia yang udaranya selalu panas walaupun di musim hujan.
Berikut ini kami berikan sedikit tips bagaimana memilih AC yang sesuai dengan ukuran ruangan anda.
BTU (British Thermal Units)
Biasanya besaran AC dihitung dari satuan BTU (British Thermal Units), semakin tinggi BTU maka semakin besar ruangan yang dapat "didinginkan". Walaupun di Indonesia banyak yang sering memakai satuan "PK" tetapi kebanyakan satuan yang satu ini kurang mewakili untuk menghitung kebutuhan AC yang akan digunakan.
Bila anda membeli AC dengan BTU yang terlalu besar, tidak hanya masalah pemborosan terhadap uang dan listrik tetapi juga dapat mengganggu kesehatan (seperti masalah kelembaban yang tidak baik/ kering).
Jadi bagaimana cara untuk mengetahui besar BTU yang kita butuhkan? Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan formula yang sederhana ini yaitu P (panjang ruangan) x L (lebar ruangan) x 500 dan hasilnya adalah besarnya BTU yang anda butuhkan, misal ruangan anda adalah 3 x 2 m maka BTUnya adalah 3 x 2 x 500 = 3.000 BTU.
Posisi AC di ruangan
Selain BTU, yang tidak kalah pentingnya adalah dimana AC akan diletakkan karena apabila AC diletakkan pada bagian yang terkena sinar matahari tentunya akan sedikit berkurang tingkat pendinginannya dibandingkan dengan AC yang diletakkan pada bagian yang lebih teduh (shaded).
Hal lain yang (mungkin) perlu diperhatikan :
- Jika ruangan cukup teduh maka anda bisa mengurangi kapasitas BTU sampai dengan 10%
- Jika ruangan banyak matahari maka anda bisa menambahkan kapasitas BTU sebanyak 10%
- Jika ruangan selalu diisi oleh 2 orang atau lebih, sebaiknya anda menambahkan 600 BTU untuk setiap orang
- Jika AC digunakan di dapur, tambahkan 4.000 BTU
- Juga jangan dilupakan, apakah daya listrik yang digunakan cukup bagi kapasitas listrik di rumah anda, hitung seluruh kebutuhan listrik yang akan digunakan karena bila terlalu dekat dengan kapasitas total listrik maka kemungkinan listrik di rumah anda sering mengalami mati mendadak (daya yang kurang).
- Ada banyak fitur tambahan yang ditawarkan oleh produsen tetapi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda. (erba/chr)

Comentários:

Posting Komentar

 
Ahlinya Perbaikan AC © Copyright | Designed by Jasa Buat Blog Murah |