Ahlinya Perbaikan AC: Temperatur Ruangan

Temperatur Ruangan

Sudah beberapa hari ini vakum karena kesibukan diluar namanya juga tukang AC buat ke warnet gak punya duit.. akhirnya bisa juga kesempatan buat posting AC lagi nihh..kali ini tentang Temperatur. Temperatur adalah intensitas panas atau batas panas suatu benda temperatur tidak mengukur jumlah panas di dalam suatu benda, temperatur hanya menunjukan berapa panas atau berapa dingin suatu benda. Alat ukur temperatur di sebut Termometer Skala-skala temperatur Skala thermometer yang paling populer dalam sistim metric adalah celsius, disebut juga skala centrigade. Dalam sistim Britis/inggris satuan temperatur menggunakan satuan Fahrenheit, sedangkan pada sitim S.I metric digunakan satuan kelvin. Padjavascript:void(0)a skala temperatur celcius dan fahrenheit berikut ini akan dijelaskan dan di hubungkan dengan temperatur es mencair serta titik didih air.
- Celcius: Pada skala celsius titik cair es atau titik beku air adalah 00c. Titik didih air 1000C ada seratus spasi atau tingkatan skala antara titik beku dan titik didih air pada thermometer celsius.
- Fahrenheit: Pada thermometer fahrenheit titik beku air dan titik cair es adalah 320F, Titik didih air adalah 2120f. Satuan-satuan jumlah panas seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa thermometer hanya mengukur intensitas panas bukan jumlah panas, namun demikian dalam berhubungan dengan panas perlu di ketahui juga satua-satuan jumlah panas. Beberapa satuan jumlah panas yang sering di gunakan adalah : -Sistem metric menggunakan satuan calorie (cal) atau kilocalori(kcal) Calorie(cal): jumlah panas yang di butuhkan/dibuang untuk menaikan/menurunkan temperatur air sebanyak 1gram ! C adalah 1 cal. Kilocalorie(kcal): Jumlah panas yang dibutuhkan/dibuang untuk menaikan/menurunkan temperatur air sebanyak 1 kg, sebesar 1 C adalah 1 kcal. -Sistem S.I metric menggunakan satuan joule (J) atau kilojoule(KJ) Kilojoule: Jumlah panas yang dibutuhkan/dibuang untuk menaikan atau menurunkan temperatur air sebanyak 1 kg, sebesar 1 oC adalah 4,186 kj.
-Sistem inggris menggunakan satuan British Thermal Unit (BTU) British Thermal Unit (BTU): Jumlah panas yang di butuhkan untuk menaikan dan menurunkan temperatur air sebanyak 1 lb sebesar 1 oF adalah 1 BTU Perhatikan di name plat indoor AC biasanya terdapat keterangan lebih specifik misalnya: AC merk ANU (biar gak promosi) tercantum kapasitas AC 5000 BTU/H biasanya orang menyebut dengan AC 1/2 PK.AC 7000 BTU/H (AC 3/4 PK) dst nya..., semakin besar jumlah BTU maka akan semakin cepat suhu udara dingin yang tercapai, perlu di sesuaikan juga ukuran ruangannya. cara menghitung berapa PK yang kita butuhkan agar ruangan mendapatkan udara yang sejuk. Rumusnya: (Panjang X lebar) X 450 fpm(feet per minute) dibagi 9000 BTU Contoh soal: luas kamar 9 m X 450 : 9000 = 0,45 (4500 BTU) jadi untuk ukuran kamar dengan luas 9 meter menggunakan AC 1/2 PK
*U/ kondisi ruangan standart* bila terdapat bermacam-macam alat elektronik dan listrik maka AC nya harus lebih besar lagi BTU nya agar siklus udara ruang AC dapat terjaga , karena dari benda-benda tsb menghasilkan beban panas (Arab saudi kalee) bisa juga dengan memakai perhitungan Panjang x Lebar x (Tinggi/3) x 0,07 mis : 3 x 3 x(2,5/3) x 0.07 = 0,525 (5250 BTU) pembulatan 5000 BTU atawa 1/2 PK. walaah jadi kembali ke zaman sekolah lagi nih belajar Fisika kata Richarie ..hikkss..terserah deh mau bilang apee..yang penting dalam hidup kita harus belajar dan terus belajar saling bertukar Informasi Raihlahcita-citamu setinggi Moenas (opppss..langit) biarkan kucing miaw's mengeong kafilah tetap berlalu. Kritik dan saran sangat membantu buat Gubuk AC ini yang masih dalam taraf belajar.

Sumber : perawatan-ac.blogspot
www.acdingin.com

Comentários:

Posting Komentar

 
Ahlinya Perbaikan AC © Copyright | Designed by Jasa Buat Blog Murah |