Ahlinya Perbaikan AC: Termistor temperatur

Termistor temperatur

Thermistor adalah alat pengatur temperatur atau suhu dalam ruangan dengn begitu Termis ini dapat mengatur kerja kompresor secara otomatis berdasarkan setting temperatur pada Remote AC, jika setting pada remote AC di sett 25oC dan kemudian suhu di dalam ruangan sudah terpenuhi mencapai 25oC maka dengan sendirinya termis ini mengirim sinyal pada komponen PCB Indoor untuk memutus hubungan arus ke kompresor begitupun sebaliknya jika Temperatur mulai naik maka Termistor ini akan memerintah kompresor bekerja kembali,Ukuran termis ini sangat kecil kira-kira 3.5mm, Prinsip dasar dari Temistor ini adalah merubah nilai tahanan jika suhu atau temperatur mengenai termistor.
Termistor merupakan gabungan antara kata Termo (suhu) dan Resistor(pengukur tahanan). Termistor di temukan oleh Samuel Ruben pada tahun 1930.
Pada Unit AC terdapat dua jenis termistor yaitu Termistor temperatur ruangan *menempel pada evaporator* yang berfungsi menerima sinyal perubahan temperatur dari hembusan evaporator, dan Termistor Pipa evaporator *menempel pada pipa Indoor, yang berfungsi menerima perubahan temperatur pada pipa AC. Sering di jumpai pada merk-merk AC tertentu yang rusak pada bagian ini *Maaf merk di rahasiakan* kerusakan yang timbul pada alat termistor ini sudah dapat di kenali secara visual yaitu pada Display led control indoor selalu berkedip-kedip (hampir sama dengan printer ane kedip2 lampunya pas di reset pakae software reseter printer, sekarang sudah oke lagi) *lahh kok jadi ngomongin Printer nihh* Tarik manngg...lanjut! dan juga AC tidak dapat di hidupkan cuma bunyi2an saja kemudian langsung mati lagi. jika ada indikator kerusakan tersebut segeralah hubungi ane jika lampu pada Display indoor AC ini sering kelap kelip cara mengatasinya Di reset aja dengan cara *cabut kabel power AC* atau bisa juga di akali dengan mengamplas termistor pipa, tapi tetap tidak bertahan lama dan kalau gak mempan juga terpaksa harus di ganti dengan yang baru yang sesuai dengan ukurannya (socketnya) karena pada beberapa merk AC Termistor ini mempunyai socket yang berbeda-beda. Untuk menghindari kerusakan Termistor ini biasakanlah melakukan Perawatan Service AC secara berkala

Sumber : perawatan-ac.blogspot
www.acdingin.com

Comentários:

Posting Komentar

 
Ahlinya Perbaikan AC © Copyright | Designed by Jasa Buat Blog Murah |